Home Terbaru PM Kuwait Ajukan Pengunduran Diri Kabinet

PM Kuwait Ajukan Pengunduran Diri Kabinet

Video TVmoka Terbaru Live January 24, 2023 2:34 am

Jakarta, CNN Indonesia

Perdana Menteri Kuwait Sheikh Ahmad Nawaf al-Sabah menyerahkan pengunduran diri kabinet kepada putra mahkota negara itu pada Hari Senin (23/1) atau sekitar tiga bulan setelah dilantik.

Media pemerintah memberitakan pengunduran diri itu menyusul perselisihan dengan anggota parlemen yg telah menjerumuskan negara Teluk yg Jutawan minyak itu ke di dalam kelumpuhan politik.


Majelis Nasional Kuwait ialah satu-satunya parlemen yg dipilih sepenuhnya di Teluk, tetapi telah berulang kali mengalami krisis antara eksekutif dan juga serta legislatif.

Baca Juga :  Unduh - unduh telor #shorts

Pengunduran diri kali ini merupakan kabinet ketiga yg dibentuk Perdana Menteri Sheikh Ahmed Nawaf al-Ahmed Al-Sabah, putra penguasa negara berusia 85 Tahun itu, sejak ia memimpin pemerintahan Agustus lalu.

Kantor kabar resmi KUNA, seperti dikutip berasal dari AFP, melaporkan perdana menteri mengajukan pengunduran diri kabinet kepada Putra Mahkota Sheikh Meshal al-Ahmad al-Jaber Al-Sabah.

“Pengunduran diri terjadi karena kebuntuan… pada berbagai masalah dengan otoritas legislatif,” kata kabinet di dalam sebuah pernyataan, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pengunduran diri itu membuat rencana anggota parlemen menanyakan dua menteri soal pengelolaan keuangan negara dan juga serta RUU keringanan utang yg hendak memberikan amnesti utang bagi warga negara Kuwait batal.

Baca Juga :  Baru - Neyl Rockstar Yang Siap Menjadi Idola Baru di Indonesia

Anggota parlemen telah mendesak pemerintah untuk menyetujui RUU yg menurut para menteri hendak membebani negara. Awalnya, agenda dengan dua menteri tersebut dijadwalkan berlangsung pada Hari Selasa (24/1).

[Gambas:Video CNN]

Saleh Ashour, seorang anggota parlemen, mengkritik pengunduran diri tersebut, menyebutnya sebagaimana “mundur di dalam menghadapi masalah politik.”

“hendak lebih bagus Apabila pemerintah menghadiri sidang parlemen,” dan juga serta menghadapi pertanyaan, katanya kepada AFP.

Baca Juga :  Menang Dramatis di 32 Besar Indonesia Masters 2023, Sabar Karyaman/Reza Pahlevi Tak Menyangka

Pemerintahan keenam hadir cuma di dalam tiga Tahun, setelah dilantik pada Oktober 2022. Mereka dilantik guna memerangi korupsi di antara prioritasnya, setelah oposisi menuai keuntungan besar di dalam pemilihan parlemen.

Pada September 2022, Kuwait mengadakan pemilu keenamnya di dalam satu dekade, yg kembali mengarah ke parlemen yg dipimpin oposisi.

Oposisi secara teratur menuduh menteri berasal dari keluarga kerajaan salah urus dan juga serta korupsi.

(AFP/chri)




Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video selengkapnya :